Manage your money
like never before

Rizkanna makes staying on top of your finances a cinch.
Be the master of your money so you can get more out of life.

Sign Up Free Now

Mencatat Pengeluaran, Seberapa Penting?

By Rizkanna | News | May 08, 2019

Mencatat Pengeluaran, Seberapa Penting?

Kamu pernah mencatat pengeluaran secara rinci, namun sekarang sudah tidak pernah lagi karena rasanya terlalu ribet? “Ih, nggak gue banget deh nyatet-nyatet. Lagian buat apa sih, toh kan gaji pasti abis-abis juga, trus bulan depan dapet lagi.” Atau jangan-jangan kamu ngga pernah nyatet sama sekali? 

Hey, jangan salah. Kunci dari pengaturan keuangan itu adalah pencatatan yang rapih. Coba bayangin, bos kamu minta laporan dari kerjaan/event/meeting yang baru saja kamu lakukan. Pasti kamu akan memberikannya selengkap mungkin kan? Dalam pekerjaan, ada tekanan untuk melakukan pencatatan yang rapi. Namun ketika menyangkut pribadi sendiri, karena tidak ada tekanan sama sekali kita cenderung mengabaikan dan menganggap remeh. Padahal pencatatan ini bisa jadi kunci yang membedakan masa depan kita nanti, mau lebih sejahtera atau begini-begini aja.

Teorinya, dengan mencatat keuangan secara rapih kamu akan mendapatkan data pribadi yang bisa kamu olah sendiri. Contohnya, dengan mengetahui berapakah pengeluaran jajan di ojek online selama sebulan, kamu bisa mengambil keputusan apakah di bulan selanjutnya kamu akan tetap mengeluarkan angka yang sama untuk jajan atau akan menguranginya dan mengalihkannya untuk tabungan nikah misalnya. Itu baru dari satu data. Data lain misalnya kamu banyak membeli air minum kemasan saat berangkat dan pulang kantor, yang sebetulnya bisa diminimalisir jika kamu bawa sebotol air minum dari rumah dan bisa diisi dari kantor saat pulang.

Hal-hal kecil yang seperti ini kerap kali luput dari pikiran karena jumlahnya tidak seberapa, namun ketika diakumulasi ternyata jumlahnya lumayan. Dari sinilah kamu bisa mendapatkan sumber untuk berinvestasi tanpa harus menderita.

Selain itu, mencatat pengeluaran juga punya efek psikologis. Mencatat pengeluaran membuat kamu secara otomatis menahan untuk mengeluarkan uang jika pembelian yang kamu lakukan tidak tergolong kebutuhan, apalagi hanya sekedar keinginan. Saat kamu mengeluarkan uang, kamu akan ingat bahwa pengeluaran ini akan dicatat sehingga kamu akan berpikir ulang untuk melakukan suatu transaksi. Ini namanya conscious spending (pengeluaran secara sadar). Dengan mencatat pengeluaran, unconscious spending (pengeluaran tanpa sadar) kamu akan berkurang.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Moneesa untuk melakukan pencatatan, dengan fitur foto struk dan otomatis tarik data dari aplikasi e-wallet yang kamu punya. Pengingat yang ada akan membantu kamu untuk mengingat apa saja pengeluaran yang sudah dilakukan hari ini.

Nah, semakin yakin untuk mencatat pengeluaran kan?



  RELATED POST