Manage your money
like never before

Rizkanna makes staying on top of your finances a cinch.
Be the master of your money so you can get more out of life.

Sign Up Free Now

Tips Belanja Hemat

By Rizkanna | News | May 08, 2019

Tips Belanja Hemat

Belanja hemat, mungkinkah? Aktivitas belanja yang rutin dilakukan minimal sebulan sekali ini bisa diakali supaya lebih hemat. Berikut tips-tipsnya yang bisa langsung Anda praktekkan saat belanja.

1. Jangan pergi berbelanja dalam keadaan perut kosong.
Anda mungkin sering mendengar yang ini. Meskipun Anda tidak berbelanja makanan, penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota Carlson School of Management menyatakan bahwa mereka yang tidak mengisi perut terlebih dahulu mengambil produk lebih banyak 70% dibanding mereka yang mengisi perut sebelum penelitian.

2. Pilih swalayan yang harganya relatif lebih murah.
Ada banyak pilihan swalayan, dan masing-masing memiliki kelas/pasar pembelinya sendiri. Hindari gengsi untuk berbelanja di tempat yang lebih murah.

3. Beli kemasan besar lebih hemat? Coba hitung lagi.
Jangan malu untuk membawa kalkulator/membuka aplikasi kalkulator di telepon pintar Anda. Terkadang, kemasan besar harganya lebih mahal dibandingkan dua kemasan kecil (yang bila dijumlah, isinya sama banyaknya dengan satu kemasan besar). Teliti sebelum membeli.

4. Belum tentu produk lebih murah akan lebih hemat.
Contoh sederhananya, Anda beralih ke sabun yang lebih murah dengan harapan lebih hemat. Namun ternyata produk yang lebih murah tersebut kurang menghasilkan busa, sehingga tanpa sadar Anda menggunakan jumlah yang lebih banyak dalam sekali pakai daripada produk yang lebih mahal.

5. Perhatikan produk-produk yang sedang promo.
Beberapa swalayan menyediakan brosur di depan pintu masuk, berisi produk-produk yang sedang diskon/harga spesial. Manfaatkan diskon tersebut hanya untuk produk-produk yang Anda butuhkan. Jika Anda justru tergoda untuk membeli lebih banyak, maka bukannya berhemat, Anda malah boros dengan dalih harga lebih murah.

6. Miliki kartu kredit/kartu debit dari bank/saldo e-wallet yang sering bekerja sama mengadakan promo di swalayan langganan Anda.
Tidak ada salahnya untuk mulai memperhatikan standing banner yang ada di pintu masuk swalayan, atau bertanya langsung kepada kasir promo apa yang sedang berjalan. Apabila swalayan tersebut adalah swalayan langganan Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kartu debit/kredit yang sering mengadakan promo.

7. Miliki kartu anggota
Luangkan sedikit waktu setelah berbelanja untuk membuat kartu anggota di bagian layanan pelanggan. Kartu anggota biasanya memiliki manfaat poin setiap pembelanjaan tertentu yang akumulasi poinnya bisa ditukar dengan hadiah-hadiah tertentu.

8. Beli bahan-bahan segar di pasar
Apabila keluarga Anda sering makan di rumah dan Anda butuh bahan-bahan segar untuk dimasak, sebaiknya beli bahan-bahan makanan di pasar tradisional daripada di swalayan. Terkadang bahan segar yang disimpan di dalam kulkas berpotensi untuk dilupakan dan pada akhirnya bisa saja terbuang/kualitasnya menurun. Ini adalah salah satu bentuk pemborosan juga. Anda bisa berbelanja di pasar tradisional yang bahannya segar setiap hari untuk menghindari hal tersebut di atas. Selain itu, harga di pasar tradisional cenderung lebih murah daripada di swalayan.

Mudah bukan? Selamat mencoba!


  RELATED POST